Board Game Cafe — Membangun bisnis kafe tematis masih jadi pilihan untuk mencari keuntungan. Namun, bukan perkara yang mudah memutuskan tema apa yang akan diusung. Beberapa memilih berdasarkan kesukaan pemiliknya yang salah satunya adalah Board Game Cafe. Berikut tips untuk membuka usaha ini.

1. Minim Competitor

Satu hal yang membuat bisnis ini memiliki peluang besar yaitu minimnya kompetitor. Apalagi semua kalangan sangat menyukai bermain game, dan game board khususnya dapat dimainkan oleh semua usia. Ramainya pengunjung cafe ini dengan pelanggan yang betah duduk berjam-jam hanya untuk memainkan permainan papan, membuktikan bahwa animo masyarakat terhadap game board sangat besar.

Baca Juga: Tips Memulai Bisnis Budidaya Tanaman Hias

2. Langkah-Langkah Membuka Usaha

a. Punya Minat

Bagi yang tertarik dengan bisnis ini wajib menyukai board game dan punya passion terhadap games terutama permainan papan.

b. Melakukan Riset

Memperhitungkan target market dan kompetitor adalah salah satu poin penting dalam membuka usaha ini. Hal ini dikarenakan maraknya pengguna game online dan kurang familiarnya pengunjung dengan beberapa jenis game board.

c. Menyiapkan Modal

Tidak hanya menguasai bidang, bisnis ini juga membutuhkan modal. Modal awal yang digunakan untuk mendesain cafe, membeli perlengkapan F&B, membeli perlengkapan interior cafe, dan juga membeli board game. Umumnya, untuk membuka bisnis cafe ini membutuhkan modal awal Rp 500 – 600 juta.

d. Menentukan Lokasi

Ada beberapa indikator pentingnya lokasi seperti tingkat keramaian yang bergantung pada akses yang mudah dijangkau, kebiasaan warga sekitar dalam bermain game, komunitas game yang tumbuh, hingga tempat yang dekat dengan pelajar dan mahasiswa.

e. Koleksi Board Game

Sesuai dengan konsep,  cafe ini sudah pasti harus mempunyai berbagai jenis koleksi board game. Mulai dari family game, children game, strategy game, hingga clasic game agar board game bisa dimainkan oleh anak-anak hingga orang dewasa.

f. Promosi

Sosial media sudah pasti menjadi salah satu promosi efektif. Selain itu mengajak beberapa komunitas untuk bermain board game dan mengadakan turnamen board game juga menjadi salah satu cara yang patut dicoba.

Sumber: 7 Langkah Mudah Bangun Bisnis Kafe Board Games – MEDIAINI

Tips Memulai Bisnis Budidaya Tanaman Hias
fintech-financial-technologyPertumbuhan Transaksi Digital Untuk Kemajuan Ekonomi

Leave A Comment

Tags

Categories

Archives