Tren marketing akan selalu berubah dan berkembang seiring waktu. Mengikuti perkembangan teknologi dan tren ini bisa menjadi sebuah tantangan. Karena, jika bisnis Anda ingin terus kompetitif di perspektif online ini, Anda harus beradaptasi dengan inovasi terbaru.
Teknologi terus beranjak dengan pesat. Sehingga, tentu saja beberapa tren ini berfokus pada teknologi. Membuat masa depan marketing menjadi lebih beragam, inklusif, dan lebih terhubung dengan kebutuhan konsumen.
Meskipun bagitu, fokus dari marketing sesungguhnya berada pada orang (people), bukan teknologi. Marketing bukan hanya tentang membuat konten yang menarik perhatian saja. Namun, setelah berhasil menarik audiens, bisnis harus terhubung dengan calon pelanggan dan membangun reputasi brand.
Berikut kami rangkum beberapa tren marketing terkini yang diantisipai akan berdampak pada tahun 2022 oleh Forbes :
1.More Long-Term Influencer-Brand Relationship
Kecenderungan peningkatan hubungan antara brand-influencer semakin terlihat. Brand akan memiliki kesempatan untuk membangun koneksi yang lebih otentik dengan audiens mereka melalui program yang berjalan lebih lama yang memanfaatkan keahlian dan kredibilitas influencer.
2. The Rise Of Interactive Content
Konsumen sudah semakin cerdas dan independen dalam membeli barang maupun jasa. Bisnis harus meluangkan lebih banyak waktu dan upaya untuk menjaga prospek tetap terlibat dan membantu konsumen untuk menemukan apa yang mereka cari dengan cara yang menarik. Jadi salah satu tren yang mungkin muncul pada tahun 2022 adalah munculnya konten interaktif.
3.Intent Monitoring
Saatnya pengusaha fokus pada cara menemukan pembeli yang siap membeli. Untuk itu, sangat membantu untuk mengetahui siapa yang mencari solusi Anda—dan siapa yang berpotensi di pasar. Pemantauan minat adalah jawabannya.
4. The Continued Rise of Influencer Marketing
Banyak ketidakpercayaan di masyarakat tentang dari siapa mereka mendapatkan informasi. Influencer telah membangun kepercayaan dengan audiens mereka dalam jangka waktu yang lama. Oleh karena itu, audiens mereka tahu bahwa ketika influencer favorit mendukung suatu layanan atau produk, maka itu terbukti kebenarannya.
5. A Resumption of Business Travel and In-Person Meeting
Pandemi sangat memengaruhi kebiasaan konsumen akhir-akhir ini. Tidak sedikit dari masyarakat yang ingin kembali ke masa dimana mereka bisa traveling dan melakukan kegiatan offline. Dan hal ini akan menjadi terobosan marketing yang populer di tahun ini.
6. New VR-Based Software Tools and Apps
Dengan pengumuman terbaru dari Facebook (sekarang Meta) tentang metaverse, orang dapat mulai mengharapkan software dan aplikasi baru untuk diperkenalkan di dunia VR.
7. New Method of Teamwork and Collaboration
Didorong oleh dampak Covid, lingkungan kerja akan terus dikonsep ulang. Dampaknya di pasar sangat besar. Sehingga, pengusaha harus kreatif dalam memadukan produktivitas dan kebutuhan karyawan. Karena mereka yang akan mencari cara baru untuk menyelesaikan pekerjaan dan metode kerja tim dan kolaborasi yang berbeda.
8. Bigger Business Pivots to Online/Digital
Pada tahun 2022, dipercaya akan ada kebutuhan untuk beradaptasi dengan cryptocurrency dan token yang tidak dapat dipertukarkan. Melihat yang terjadi selama pandemi dimana semua berlaih ke pasar online, tren ini hanya akan semakin besar. Perusahaan harus mulai mengintegrasikan hal-hal ini ke dalam strategi mereka saat mereka melihat ke depan sehingga mereka tidak ketinggalan.
Seperti yang sudah disebutkan di atas, tren marketing terkini dipercepat oleh pandemi Covid-19 dan teknologi yang semakin user friendly. Sementara tren pemasaran datang dan pergi, dasar-dasar kesuksesan tetap sama: pahami kebutuhan audiens dan komunikasikan dengan jelas dan konsisten. Agar sukses di dalamnya, Anda harus memiliki dasar konten berkualitas yang kuat di semua saluran pemasaran Anda.
Sumber : Forbes