Kelangkaan Solar — Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar saat ini mengalami kelangkaan di beberapa daerah di Indonesia,  Kelangkaan ini bakal menimbulkan permasalahan yang besar bagi usaha yang melakukan ekspor ke beberapa daerah.

“Kelangkaan suatu barang yang diikuti dengan permintaan yang juga meningkat, secara teoritis dapat bermuara pada peningkatan harga barang tersebut”, kata Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Yusuf Rendy Manilet

“Indikasi kenaikan harga solar juga sudah terlihat dari ancang-ancang Pertamina dalam rencananya menaikkan harga BBM. Jika sudah demikian, tentu hal ini akan berdampak pada tekanan inflasi. Apalagi secara historis, kenaikan harga BBM selalu berdampak pada kenaikan inflasi secara keseluruhan”, kata Yusuf Renduy Manilet.

Masalah kelangkaan solar dapat berpengaruh besar kepada usaha ekspor. Berikut permasalahan yang didapatkan apabila terjadi kelangkaan solar.

1. Berpotensi Mengganggu Alur Distribusi Barang

Dengan adanya kelangkaan ini membuat alur distribusi barang sangat terganggu. Bahan bakar solar sangat dibutuhkan kendaraan yang menggunakan bahan bakar ini terutama kendaaraan yang mengangkut barang seperti truk dan mobil pikap.

Terlebih lagi saat ini sudah mendekati bulan ramadhan yang pastinya permintaan barang semakin besar. Selain dapat merugikan usaha, kelangkaan solar ini juga dapat membuat kemacetan di beberapa stasiun pengisian bahan bakar umum dan juga jalanan.

Baca Juga : Butuh Modal Usaha ? Berikut Cara Ampuh Mencari Modal Usaha

2. Berpotensi Menghambat Sektor Pertanian

Selain mengganggu alur distribusi barang, kelangkaan solar dapat mengganggu pertanian juga. Hubungannya apa sih dengan solar? mengapa sangat penting bagi sektor pertanian?. Saat ini penggunaan solar dibutuhkan untuk bahan bakar alat mekanisasi pertanian yaitu traktor.

Dengan langkanya solar ini membuat hasil pertanian semakin terhambat. Hal ini disebabkan karena para petani harus menggunakan cara tradisional untuk membajak sawah.

Sebenarnya petani bisa saja menggunakan cara tradisional. Akan tetapi, untuk petani modern hal ini sangat sulit dilakukan dan mereka harus mempelajari bagaimana meningkatkan hasil pertanian menggunakan cara tradisional.

Sumber : Solar Langka, Bakal Memicu Inflasi dan Terganggunya Distribusi – Ekonomi Bisnis.com

 

subscription-economySubscription Economy : Model Bisnis di Era Teknologi
bisnis-coffee-shopFenomena Coffee Shop, Bisnis Kekinian di Indonesia

Leave A Comment

One Comment

  1. Tips Membuka Usaha Minyak Goreng Kelapa April 28, 2022 at 03:43

    […] Baca Juga: Pengaruh Kelangkaan Solar Terhadap Usaha Ekspor […]

Comments are closed.

Tags

Categories

Archives