bisnis-waralaba

Seputar Bisnis Waralaba 2022 — Saat ini mendapatkan uang secara instan sangat sulit untuk dilakukan. Dengan bekerja di sebuah perusahaan saja tidak cukup untuk menunjang kehidupan maupun kebutuhan sehari-hari. Maka dari itu, Bisnis sampingan sangatlah diperlukan.

Oleh karena itu, Untuk memiliki sebuah bisnis saat ini bukanlah sesuatu hal yang sulit. Terutama bagi Anda yang memiliki modal dana. Anda bisa membangun, membeli, atau berinvestasi di berbagai jenis usaha.

Jika Anda ingin memulai dengan bisnis yang rendah risiko, Anda bisa coba peluang bisnis waralaba. Dengan modal di atas Rp500 juta, Anda bisa membeli suatu bisnis dengan merek ternama.

Akan tetapi, saat ini banyak sekali orang yang hanya memiliki modal kecil untuk membuka bisnis. Hal ini tidak perlu dirisaukan, karena saat ini banyak sekali bisnis waralaba yang dibuka dengan persyaratan modal dibawah 10 juta.

Tapi dengan bekal modal saja anda tidak bisa membuka bisnis dengan meraih keuntungan besar. Anda harus paham juga, dalam berbisnis Anda akan selalu dihadapkan pada dua kemungkinan, yaitu untung atau rugi.

Bila Anda ingin meningkatkan peluang keberhasilan bisnis dalam mendatangkan keuntungan, maka Anda perlu melihat peluang yang belakangan ini semakin berkembang, bahkan di masa pandemi ini. Selain itu perlu diperhatikan juga teknik pemasaran maupun penyebaran iklan yang anda lakukan.

Dengan memulai bisnis ini pastinya anda melihat juga kelebihan dan kekurangan maupun tips-tips yang diperlukan, agar nantinya tidak merugikan anda selama melakukan bisnis. Maka dari itu berikut hal yang harus anda perhatikan sebelum membuka bisnis waralaba.

A. Keunggulan Peluang Bisnis Waralaba

Dalam memulai sebuah pekerjaan maupun bisnis pastinya terdapat banyak keunggulan. Berikut keunggulan yang bakal anda peroleh apabila mengikuti bisnis waralaba:

1. Merek Bisnis yang Telah Dikenal

Salah satu keuntungan mencoba bisnis ini yakni pastinya sudah dikenal sama masyarakat banyak. Hal ini tentunya memberikan keuntungan yang besar bagi Anda karena Anda tidak perlu lagi membangun brand awareness dari awal.

Selain itu juga dengan mencoba metode ini anda dapat menghemat waktu selama aktivitas pemasaran yang di lakukan.

2. Potensi Profit yang Lebih Besar

Semakin Terkenalnya merek bisnis waralaba, profit yang dihasilkan pastinya maka akan lebih besar, hal ini disebabkan karena banyak  orang yang menjadi konsumen bahkan pelanggan dari peluang bisnis tersebut.

Untuk itu Anda memiliki peluang lebih besar untuk mendapat profit setidaknya tercapainya tahap BEP atau balik modal yang lebih cepat.

3. Standar Operasional Terjamin

Hal lain yang mendukung keberhasilan dari peluang bisnis waralaba terkenal adalah sistem dan standar operasional usaha yang jelas.

Sebelum perusahaan pemilik waralaba ini menawarakan bisnis, tentunya pemilik bisnis waralaba telah membuatkan panduan, ketentuan, dan tata cara menjalankan usaha tersebut dari awal hingga berjalan nanti.

Jadi Anda hanya perlu memastikan semuanya dijalankan sesuai panduan yang diberikan. Standar operasional yang dimaksud diantaranya adalah adanya:

  • Pelatihan untuk pemilik dan karyawan
  • Pengelolaan keuangan yang jelas
  • Pengadaan bahan pokok yang efisien
  • Promosi dan pemasaran yang berhasil

B. Kekurangan Peluang Bisnis Waralaba

Selain beberapa kelebihan dari peluang bisnis di atas, pastinya terdapat kekurangan dalam melakukan bisnis waralaba ini. Berikut ini adalah yang perlu Anda pahami:

1. Modal Bisnis Waralaba Terkenal Cukup Mahal

Ini yang seringkali menjadi alasan orang lain enggan untuk mengambil peluang bisnis waralaba yang sudah terkenal.

Biaya awal untuk memiliki bisnis waralaba terlebih yang telah dikenal luas memang terbilang mahal, namun hal itu karena pemilik merek waralaba sudah punya banyak pengalaman dalam menjalankan bisnis waralabanya, sehingga peluang keberhasilannya lebih besar.

2. Kendali Bisnis Dibatasi oleh Pemilik Merek Waralaba

Sebagai pemilik bisnis, tentunya kadang akan merasa perlu melakukan hal diluar yang telah ditentukan oleh pemilik merek waralaba. Misalnya untuk cepat beradaptasi dengan perubahan kondisi pasar.

Namun Anda perlu menahan keinginan tersebut, karena Anda akan dianggap menyalahi standar operasional yang berlaku dan pemilik merek waralaba tidak akan mau menanggung risikonya, bahkan dapat memutuskan kerjasama dengan Anda.

3. Reputasi Bisnis Bergantung kepada Pemilik Waralaba Lain

Anda perlu ingat bahwa bisnis waralaba bisa dimiliki oleh banyak pengusaha lain, dan juga termasuk pemilik merek waralabanya. Oleh karena itu, tidak ada jaminan pasti bila setiap pemilik bisnis ini akan baik-baik saja menjalani bisnisnya.

Akan ada saja risiko yang bisa terjadi kepada pengguna bisnis ini, terutama akan terjadinya sebuah masalah yang mengakibatkan merek waralabanya terseret kasusnya.

C. Tips Memulai Bisnis Waralaba

1. Pilih jenis bisnis waralaba

Pastikan peluang bisnis waralaba terkenal yang Anda incar untuk Anda miliki memenuhi kriteria berikut ini:

  • Tidak hanya karena sedang tren
  • Memiliki potensi dibeli oleh berbagai kalangan
  • Sesuaidengankeinginan dan kemampuan
2. Tentukan lokasi membuka bisnis

Dalam menentukan lokasi bisnis, anda harus memperhatikan lingkungan lokasi yang tidak beda jauh dengan lokasi bisnis, Anda perlu memastikan bahwa lokasi yang Anda pilih adalah lokasi yang dekat, khususnya dengan target market atau calon konsumen yang Anda inginkan.

3. Pahami Merek Peluang Usaha yang dipilih

Terakhir, pastikan Anda mengetahui detail-detail dari peluang bisnis yang akan Anda rencanakan. Anda harus gali dan tingkatkan pemahaman Anda tentang peluang bisnis waralaba dengan cara:

  • Kenali lebih dalamPahamiProyeksi
  • Keuangan yang DiberikanBacaKontrak
  • Kerja Sama dengan Teliti

Cek Seputar Info Bisnis Lainnya : Undip.id

D. Bisnis Waralaba Menjanjikan

Tentunya Anda pernah mendengar merek Pizza Hut, KFC, CFC, Mc Donald, Kopi Janji Jiwa, bukan? Itu adalah beberapa contoh merek peluang bisnis waralaba terkenal, yang perkembangannya cenderung stabil bahkan meningkat karena makin menjamur dan terlihat ada di mana-mana.

Selain itu terdapat juga bisnis yang perkembangannya cukup menjanjikan dengan modal yang rendah. Berikut beberapa perusahaan dengan modal bisnis waralaba yang rendah:

1. Donat Bakar (Modal = Rp.7,5 Juta)

Bisnis Waralaba Donat Bakar

Donat Bakar merupakan waralaba donat yang telah berdiri sejak 2008 dan memiliki puluhan gerai di pulau Jawa dan Sumatera. Produk yang dibuat oleh Donat Bakar cukup unik karena donat dibakar bukan digoreng.

Selain itu terdapat 42 varian rasa yang membuat donat ini semakin menggugah selera. Untuk bergabung sebagai mitra kamu harus menyiapkan modal sebesar Rp7,5 juta. Paket usaha yang ditawarkan sudah mencakup peralatan berjualan, seperti

  • booth,
  • x-banner menu,
  • kompor,
  • tabung gas,
  • seragam karyawan, hingga
  • bahan training.
2. Bakso Benhill (Modal = Rp.4 Juta)

Bisnis Waralaba Bakso Benhill

Bakso Benhil sudah tak asing bagi sebagian orang di ibu kota. Pasalnya, bisnis ini telah diliput oleh berbagai media cetak dan elektronik.

Selain itu, waralaba makanan Bakso Benhil juga termasuk sebagai salah satu franchise makanan terlaris di Indonesia, lo! Sebagai mitra Bakso Benhil, kamu akan diberi pelatihan dalam menentukan layout rumah makan, pelayanan, harga, perhitungan keuntungan, hingga strategi promosi.

Biaya waralaba Bakso Benhil cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp4 juta. Hal tersebut karena kamu tidak diwajibkan menggunakan peralatan memasak dari paket waralaba sehingga bisa menghemat banyak biaya.

3. Shizuka Takoyaki (Modal = Rp.2,2 Juta)

Bisnis Waralaba Shizuka Takoyaki

Waralaba makanan ini menjual makanan asal Jepang, yaitu takoyaki, yang merupakan bola-bola kecil dari adonan tepung yang berisi daging gurita.

Dengan modal sebesar Rp2,2 juta, kamu akan mendapatkan beragam peralatan yang telah sesuai dengan standard operating procedures (SOP) Shizuka Takoyaki, yaitu

  • booth portable;
  • x banner;
  • kompor gas satu tungku, regulator, dan selang gas;
  • peralatan untuk memasak takoyaki; dan
  • bahan baku

Baca Juga : Bisnis Tanaman Hias

4. Candy Crepes (Modal = Rp.6,7 Juta)

Bisnis Waralaba Candy Crepes

Candy Crepes merupakan waralaba crepes yang telah berdiri sejak 2013.

Jika bergabung sebagai mitra Candy Crepes, kamu akan mendapatkan perlengkapan hingga siap jualan tanpa dikenakan biaya royalti sehingga 100% penjualan akan menjadi milikmu.

Saat ini terdapat tiga jenis paket waralaba yang ditawarkan, mulai dari Rp6,7 hingga Rp9,8 juta.

5. Magu-Magu Chicken (Modal = Rp.4,6 Juta)

Bisnis Waralaba Magu-Magu Chicken

Magu Magu Chicken merupakan waralaba ayam goreng krispi dengan 6 pilihan rasa.

Bisnis ini menawarkan 4 jenis paket kemitraan, mulai dari Rp4,6 juta hingga Rp11,3 juta.

Untuk paket paling dasar, kamu bisa mendapatkan

  • gerobak;
  • peralatan penunjang;
  • bahan baku awal;
  • kemasan sebanyak 50 buah;
  • sarana promosi; serta
  • sebuah seragam karyawan.
6. Sabana Fried Chicken (Modal = Rp.16,7 Juta)

Bisnis Waralaba Sabana Fried Chicken

Sabana Fried Chicken merupakan salah satu franchise makanan paling laku di Indonesia.

Meski modalnya terbilang murah, waralaba ini terbilang memiliki omset yang cukup tinggi, yaitu Rp20 juta per bulannya jika kamu sukses.

Alasan mengapa keuntungannya cukup tinggi adalah karena nama mereknya yang sudah cukup terkenal di telinga masyarakat Indonesia.

Sumber :

kip-kuliah-merdekaInformasi Pendaftaran Beasiswa KIP Kuliah Merdeka
Tips Memulai Bisnis Budidaya Tanaman Hias

Leave A Comment

Tags

Categories

Archives